Jumat, 11 Oktober 2013
Disela gemuruh pesta ulang tahun tetangga, 11 Okt.`13

Sejatinya, ulang tahun bukanlah suatu moment yang terlampau istimewa untuk dirayakan dengan menghamburkan banyak uang. Namun, kebanyakan orang berpendapat sebaliknya. Sebagian besar masyarakat menganggap ulang tahun adalah hari terpenting di seluruh dunia, sehingga mereka rela mengucurkan budget yang lumayan banyak untuk sekedar merayakan party bersama teman-teman. Hal ini terutama sekali terjadi di kalangan remaja yang sedang kepayang dengan sweet seventeennya.

"Seventeen itu super istimewa, karena pada usia ini kita beranjak dewasa..." begitulah komentar umum masyarakat. Padahal, di setiap pertambahan usia, kita selalu beranjak menuju kedewasaan, hanya saja mungkin bedanya di usia 17 tahun kita akan segera diberi hadiah spesial : KTP. 

Pada usia 17 tahun, seseorang dianggap sudah benar-benar menjelma manusia dewasa. Namun, bukankah dengan merayakan party besar-besaran itu mencerminkan perilaku yang kurang dewasa? Menghabiskan banyak uang hanya demi menjaga gengsi dihadapan teman-teman sepermainan. Sungguh disayangkan, jika memang sweet seventeen adalah momen dimana seorang individu telah menjelma manusia dewasa seharusnya perayaan "penyambutan" KTP itu dilaksanakan dengan sederhana dan bersahaja. Mungkin dengan cara mengundang anak yatim ke rumah untuk berdo`a bersama dan memberi sumbangan, atau dengan mengisi malam sambi bertahajud sembari merenungi umur yang terus berkurang. Usia kita  memang bertambah, namun kontrak kerja kita di dunia yang fana justru semakin berkurang. Maka apakah selayaknya kita merayakan pengurangan masa kontrak hidup dengan berparty ria, sementara Izrail telah menghitung mundur dan melihat catatan bahwa di tahun sekian nyawa  kita akan dicabut?

Sahabatku, menjadi dewasalah dengan bersikap layaknya seseorang yang memikirkan segalanya secara visioner, yaitu memikirkan masa depan. Bukan dengan memikirkan bagaimana cara menggelar pesta semeriah mungkin. Di sweet seventeen kamu, aku yakin kamu bisa menjadi dewasa dengan cara yang telah kusebutkan tadi :) tak usah berlomba mendekor ruangan paling rame atau gaun paling kece, asal pribadi kamu semakin kece di usia ini, itu sudah cukup untuk merayakannya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;