Sabtu, 24 November 2012

Tips
Be an Independent Student
Oleh:Fadhilatul Jannah

                Masa sekolah adalah masa paling konsumtif bagi para pelajar. Begitu banyak uang yang dikeluarkan oleh orang tua kita untuk memnuhi kebutuhan sekolah kita sehari-hari mulai dari ongkos,uang buku, alat tulis, uang bulanan(spp), dan lain-lain. Belum lagi uang les dan uang untuk mengerjakan tugas yang memaksa kita untuk menyumbang rupiah di warnet-warnet terdekat. Sadarkah kita jika semua itu membutuhkan lembaran rupiah yang tidak sedikit? Sayangnya, kesadaran untuk meringankan beban orang tua belum terpatri dalam pribadi kita.
                Kini bukan zamannya  lagi pelajar hanya bisa “menodong” orang tua untuk memenuhi kebutuhan sekolahnya, saatnya pelajar beraksi untuk menjadi pelajar mandiri. Nah, jalan paling efektif  adalah segera memulai usaha kecil-kecilan, mengajar ngaji, atau mengajar les untuk anak-anak demi menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tapi, terkadang ada begitu banyak alasan yang membuat kita enggan untuk memulai, misalnya:
1.       Bingung mau usaha apa
2.       Tidak punya modal
3.       Gengsi dong !
4.       Tidak berani mengajar ngaji atau les privat karena merasa tidak mampu
5.       Dll

Cara mendobrak alasan-alasan tersebut adalah segera ubah pola pikir kita. Jangan lagi berpikiran cemen seperti itu. Jadilah generasi produktif yang dapat menghasilkan rupiah diusia muda, dengan cara:

1.       Segera mulai usaha anda
Rata-rata semua pelajar bingung untuk memulai usaha apa.Saat modal sangat terbatas,kemampuan terbatas, dan waktu yang tersedia juga terbatas maka maksimalkanlah apa yang ada. Misalnya, untuk modal kita bisa meminjam pada orang tua untuk dan menganggapnya sebagai investasi dengan perjanjian bagi hasil.Atau kita bisa hanya berperan sebagai marketing dan orang tua  kita yang memproduksi, cara ini cocok usaha kuliner. Makanan seperti nasi goring, mie goring, aneka gorengan, roti dll sangat cocok dijual kepada teman-teman disekolah. Segera beraksilah !
2.       Gengsi, masih zaman?

Hari gini, bukan zamannya lagi membesarkan gengsi. Asalkan usaha kita halal dan baikkenapa harus malu? Seharusnya kita banggandong, bisa menjadi pelajar mandiri dengan penghasikan sendiri.

3.       Percaya pada kemampuan kita
Kamu seorang yang  jago bahasa inggris? Matematika?fisika? atau fasih mengaji? Manfaatkan kemempuan dan kesempatan kamu semaksimal mungkin. Bacalah peluang dilingkungan sekitar. Bersiaplah menjadi pengajar muda yang mandiri.










0 komentar:

Posting Komentar

 
;